Oksigen

Oksigen merupakan unsur gas dengan symbol O. Gas ini tidak berwarna dan tidak mempunyai rasa. Di dalam tubuh, oksigen diedarkan ke seluruh tubuh oleh darah. Oksigen diperlukan oleh sel untuk mengubah glukosa menjadi energi. Selanjutnya energi inilah yang digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas seperti aktifitas fisik, penyerapan makanan, membangun kekebalan tubuh, pemulihan kondisi tubuh dan penghancuran bebarapa racun sisa metabolisme.Kekurangan oksigen menyebabkan metabolisme tidak berlangsung sempurna. Akibatnya tubuh terasa lelah, pegal-pegal, mengantuk, kekabalan tubuh menurun sehingga mudah terserang penyakit.

Air

Air merupakan komponen yang sangat berlimpah di alam dan meliputi tiga per empat permukaan bumi. Berbagai manfaat penting air di dalam tubuh adalah :

  • Air merupakan pelarut optimum untuk mengedarkan berbagai substansi di dalam tubuh
  • Membantu tubuh menyerap berbagai komponen yang penting
  • Meningkatkan fungsi ginjal dan pembuangan urin
  • Meningkatkan stimulasi dan mengatur kekebalan tubuh yang berlokasi di usus
  • Meningkatkan metabolisme
  • Mengoptimalkan fungsi aliran darah
  • Membuang racun dan garam dari dalam tubuh

Air yang murni sangat sempurna untuk proses detoksifikasi dan membantu membersihkan semua sel, organ dan cairan tubuh karena dapat membawa berbagai substansi berbahaya keluar dari tubuh kita. Air yang murni merupakan pelindung alami dari berbagai infeksi seperti influenza, pneumonia, campak dan penyakit infeksi lainnya. Sebaliknya jika tubuh kekurangan air, sel akan menjadi kering, kisut sehingga mudah terkena infeksi.

AirOx

Oksigen dapat larut dalam air. Molekul-molekul oksigen menempati ruang di antara molekul air. Kandungan oksigen di dalam air dipengaruhi berbagai faktor seperti suhu, tekanan dan jumlah zat yang terlarut di dalam air.

  • Semakin rendah suhu air, kandungan oksigen yang terkandung semakin besar. Itulah sebabnya kita merasa lebih segar jika minum air dingin.
  • Tekanan yang besar dapat memaksa lebih banyak molekul oksigen masuk ke dalam ruang di antara molekul air.
  • Kemurnian air juga mempengaruhi kelarutan oksigen. Air yang murni memungkinkan oksigen terlarut lebih banyak.

Umumnya air mengandung 4-6 ppm oksigen, air pegunungan dapat mengandung sampai 8 ppm oksigen. Dengan kemajuan teknologi Jerman sekarang ini memungkinkan untuk meningkatkan kandungan oksigen di air sampai dengan 80 ppm.

Pada kondisi normal, oksigen yang kita hirup dari udara diserap oleh alveoli paru-paru. Namun pada keadaan hipoksia (kekurangan oksigen), tubuh manusia berkemampuan menangkap oksigen dari pencernaan secara difusi. Hal ini dikemukakan oleh Prof. Dr. Pakdaman M.D. yang mengadakan penelitian untuk mengetahui pengaruh mengkonsumsi air beroksigen tinggi di dalam darah.

Beliau memgemukakan bahwa tekanan parsial oksigen di dalam darah (pO2) merupakan parameter yang penting yang menentukan kandungan oksigen di dalam darah. Penelitiannya menunjukkan adanya peningkatan tekanan parsial oksigen di dalam darah setelah minum air minum beroksigen tinggi.

Tabel 2. Penentuan pO2 didarah vena sebelum dan setelah minum air oksigen

Parameter sebelum
minum air
oksigen
5 menit 10 menit 15 menit 20 menit 30 menit

Setelah minum 330 ml air beroksigen tinggi

T C 37 37 37 37 37 37
Hb Gr% 15 15 15 15 15 15
pO2 mm Hg 19.5 33.8 31.0 30.0 29.2 28.0

Sumber : Institut Anestesiologi, Universtitas Johannes-Gutenberg,Mainz, Jerman

Penelitian LPPM IPB

AirOx telah diteliti oleh LPPM IPB (Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat Institut Pertanian Bogor). Tujuan penelitian ini adalah melihat pengaruh AirOx terhadap bakteri probiotik. Penelitian ini membuktikan AirOx tidak mengganggu bakteri probiotik. Sebaliknya, secara in vitro dalam waktu 24 jam, AirOx meningkatkan jumlahnya menjadi 1000 kali lebih banyak dari pada air minum biasa.



Probiotik adalah bakteri yang hidup di usus manusia dan bermanfaat bagi kesehatan manusia. Bakteri probiotik aktif dalam memerangi bakteri pathogen (bakteri yang menyebabkan penyakit) yang ada di saluran pencernaan sehingga tubuh menjadi tidak mudah sakit.

Beberapa jenis bakteri probiotik menghasilkan bakteriosin, yaitu zat yang merusak dinding sel bakteri pathogen, sementara bakteri probiotik lainnya menghasilkan asam-asam organik (seperti asam laktat) yang menghambat pertumbuhan bakteri pathogen.

Secara umum, bakteri probiotik mempunyai manfaat seperti:

  • Membantu menjaga keseimbangan mikroba di dalam usus
  • Menghambat pertumbuhan bakteri pathogen
  • Anti-diare
  • Menstimulasi kekebalan tubuh
  • Menurunkan kolesterol dan tekanan darah


DICTIONARY


DO (Dissolved Oxygen)
DO atau kadar oksigen terlarut menyatakan kandungan oksigen di dalam air. Kemampuan air dalam melarutkan oksigen sangat tergantung pada suhu air, tekanan gas oksigen dan kemurnian air.

Inhalasi Oksigen
Terapi pemberian oksigen melalui saluran pernafasan (dihirup melalui hidung)

ppm (part per million)
Bagian per sejuta. Merupakan satuan jumlah yang sangat kecil.
1ppm = 1 bagian / 1.000.000
jadi air yang mengandung oksigen 80ppm = 80 miligram oksigen dalam 1 liter air

Prof. Dr. Pakdaman M.D.
Prof. Dr. Pakdaman M.D. adalah seorang peneliti Jerman yang telah banyak mengadakan penelitian sehubungan dengan terapi oksigen oral seperti air minum beroksigen tinggi sejak tahun 1970. Pada tahun 1988, ia memperkenalkan dan menerapkan metode ini di Jerman dan Eropa dimana kemudian metode iniditerapakan selama terapi. Pada tanggal 4 Desember 1993, Beliau memperoleh penghargaan dari Jerman Research Foundation di Jerman. Tanggal 10 November 2000, Beliau mendapat penghargaan Certificate of Innovations untuk karya klinis-ilmiah di bidang onkologi, terutama terapi oksigen oral.

Reverse Osmosis
Merupakan metode yang sangat efektif untuk membuat air minum. Proses ini dapat mengurangi jumlah bahan-bahan organik, inorganik, bakteri dan partikel-partikel yang banyak megkontaminasi air.

Proses reverse osmosis berdasarkan pada proses osmosis yang melibatkan perpindahan air secara selektif dari satu sisi ke sisi lain di membran. Tekanan diberikan untuk mendorong air melewati membran, sedangkan kontaminan tidak dapat melewati membran sehingga air yang lebih murni berkumpul pada satu sisi.

Terapi Oksigen Hiperbarik
Salah satu jenis terapi inhalasi oksigen. Terapi ini merupakan pemberian oksigen dengan tekanan lebih tinggi dari tekanan udara normal (1 atm). Terapi ini dilakukan dalam ruangan khusus dan harus diawasi oleh tenaga ahli karena jika salah penanganan dapat menyebabkan gangguan kesehatan

TDS (total dissolved solid)
Menyatakan jumlah padatan yang terlarut di dalam air (sehingga tidak nampak oleh mata). Padatan yang terlarut umumnya berupa mineral.
 


PT Tirta Alam Semesta
developed by sysnetsoft.com